Sabtu, 27 Januari 2024

Senin, 05 Agustus 2019

Administrasi Tata Usaha

Administrasi Tata Usaha






A. Pengertian tata usaha
Tata usaha adalah adalah kegiatan yang dilakukan meliputi, membantu proses belajar mengajar, urusan kesiswaan, kepegawaian, peralatan sekolah, urusan infrasturcture sekolah, keuangan, bekerja di laboratorium, perpustakaan dan hubungan masyarakat (Sumber: hasil rapat Kepala Tata Usaha di Bogor: 1996).
Sedangkan menurut Moch. Rifai (1987: 51) dalam Baharudin (2004: 215) administrasi tata usaha adalah salah satu kegiatan administrasi pendidikan di sekolah. Dalam bahasa Inggris istilah tata usaha di sebut dengan “clerical work” office menegement or recording and report system. Yang mengandung pengertian yaitu kegiatan administrasi pendidikan yang mengelola pencatatan, penmgumpulan, penyimpanan data, dan dokumen yang dapat dipergunakan untuk membentu pimpinan dalam pengambilan keputusan, urusan surat menyurat serta laporan mengenai kegiatan sekolah tersebut.
Selanjutnya The Lian Gie (1974: 176) menambahkan bahwa pengertian administrasi tata usaha adalah kegiatan meliputi sebagai berikut:
1. Menghimpun yaitu kegiatan mencari dan mengusahakan tersedianya keterangan yang tadinya belum ada atau berserakan di mana-mana sehingga siap untuk dipergunakan bila diperlukan.
2. Mencatat yaitu kegiatan membubuhkan dengan berbagai peralatan alat tulis tentang keterangan-keterangan yang dapat dibaca, dikirim dan disimpan,.
3. Mengolah yaitu kegiatan mengerjakan keteranagn-keterangan dengan maksud menyajikan bentuk yang lebih berguna
4. Menggandakan yaitu kegiatan memperbanyak dengan berbagai cara dan alat sebanyak jumlah yang diperlukan
5. Mengirim yaitu kegiatan menyampaikan kegiatan menyampaikan dengan berbagai cara dan alat dari satu pihak ke pihak yang lain
6. Menyimpan kegiatan menaruh dengan berbagai cara dan alat di tempat yang aman.

B. Kegiatan dalam ketatausahaan
Menurut Prajudi Atmosudirjo (1976: 159) kegiatan ketatausahaan meliputi: Perencanaan, koordinasi, pengendalian, monitoring dan evaluasi kegiatan ketatausahaan dan administrasi.Tugas-tugas
 sekolah
 1. Menyusun program kerja ketatausahaan atau administrasi kelancaran (bulanan,triwulan, semesteran dan tahunan) dalam rangka  kegiatan ketata usahaan/ administrasi;
2. Melaksanakan kegiatan pengelolaan keuangan/dana, sarana, administrasi ketatausahaan, kepegawaian dan statistik sekolah, sesuai dengan petunjuk atau pedoman dan peraturan yang berlaku untuk mencapai tujuan pelayanan administrasi yang baik;
 3. Mengelola tugas rutin ketata usahaan, antara lain: surat menyurat,inventarisasi, dokumentasi atau agenda, pembukuan keuangan, administrai kepegawaian dan sarana; Mengatur dan mendokumentasikan presensi pegawai, penyajian data statistik, pembuatan laporan rutina atau insidental, dan menghimpun data administrasi sekolah;
 pegawai tata usaha dan teknisi dalam kelancaran pelaksanaan tugas sesuai tanggungjawab masing-masing;
 4. Mengkoordinasikan
Sedangkan Menurut Soebroto (1972: 49) Kegiatan Tata Usaha Sekolah terdiri dari :
a. Administrasi kepegawaian
Buku pedoman Administrasi Kepegawaian menguraikan kegiatan yang berkaitan dengan kepegawaian, tugas dan tanggung jawab pengelolaan satuan pendidikan dan peningkatan tata usaha kepegawaian di sekolah. Sebagai perlengkapan tata laksana kepegawaian disediakan format-format untuk menata pelaksanaan kegiatan tertentu yang diperlukan. Penggunaan format ini sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan suatu kegiatan pelayanan administrasi dalam rangka pembinaan pegawai /guru berkelangsungan, berdasarkan ketentuan perundang –undangan yang berlaku.
Dalam hal tersebut yang perlu disiapkan / disediakan :
a) File Guru dan pegawai ( Dikumen guru dan pegawai )
Merupakan kumpulan data / berkas-berkas masing – masing guru dan pegawai seperti SK. Pengangkatan pertama sampai dengan terakhir, SK berkala, Karpeg, Taspen, Ijasah, dll. Manfaat dari file guru dan pegawai untuk memudahkan mencari data dan mencari arsip-arsip data guru dan pegawai.
b) Buku induk guru dan pegawai
Merupakan buku yang berisi data–data guru dan pegawai manfaatnya untuk mengetahui jumlah guru yang ada, dan urutan yang ke berapa mulai berada di instansi tersebut dll.
c) Buku kendali ( buku jadwal kenaikan gaji berkala dan kenaikan tingkat )
Merupakan buku yang berisi tentang jadwal kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala bagi guru dan pegawai. Manfaatnya untuk mengetahui kapan guru atau pegawai akan naik pangkat dan kenaikan berkala.
d) Buku DP3
Merupakan buku yang berisi sekumpulan nilai atas prestasi kerja yang dilakukan. Manfaaatnya untuk syarat kenaikan pangkat dll.
e) Buku DUK
Merupakan daftar urutan pangkat guru dan pegawai. Mafaat DUK untuk mengetahui urutan pangkat tertinggi sampai yang terendah.
f) Buku Catatan kemajuan guru dan pegawai
Merupakan buku yang berisi tentang kejadian yang dilakukan oleh masing – masing guru dan pegawai.
g) Buku cuti pegawai dan guru
Merupakan buku yang berisi tentang guru dan pegawai yang mengajukan cuti. Contoh Cuti Melahirkan, Cuti besar dll.
h) Buku mutasi pegawai
Merupakan buku yang berisi tentang catatan guru dan pegawai yang mutasi masuk atau mutasi keluar. Manfaat dari buu ini untuk mengetahui berapa guru dan pegawai yang berasal dari pindahan/mutasian dll.
i) Buku data sertifikat pelatihan/seminar guru dan pegawai
Merupakan buku yang berisi data masing-masing guru dan pegawai yang telah mengikuti pelatihan / seminar. Manfaat dari buku ini untuk mengetahui
berapa banyak dan macam pelatihan yang telah diikuti oleh guru dan pegawai.
j) Rencana pengembangan SDM
Merupakan program sekolah yang dibuat oleh masing- masing urusan yang ada di sekolah, ini tertuang di dalam RAPBS.
k) Analisis kebutuham guru
Yaitu untuk mengetahui berapa jumlah guru yang ada sesuai dengan bidang studi dan berapa jumlah guru yang kurang sehingga ketemu berapa jumlah guru yang dibutuhkan. (Tentunya dengan menggunakan rumus kebutuhan guru ).
b. Administrasi ketatausahaan
Dalam hal tersebut yang perlu disiapkan / disediakan :
1) Program kerja tata usaha
Merupakan rencana kerja ketatausahaan yang akan dilakukan selama tahun pelajaran berlangsung dengan bertujuan supaya dalam melaksanakan tugas terarah sesuai program yang dibuat.
2) Absensi dan rekap absen guru dan pegawai
Yaitu digunakan untuk mrngetahui kehadiran dan tidak kehadiran guru/pegawai dan jam berapa hadir dan jam berapa pulang sedangkan rekap untuk mengetahui berapa jumlah masing-masing guru yang tidak hadir dalam satu bulan.
3) Buku agenda masuk keluar yaitu mencatat surat – surat masuk dan keluar.
4) Buku ekspedisi yang digunakan untuk tanda terima bila mengantarkan surat
5) Sistem penyimpanan arsip
Yaitu surat masuk dan surat keluar disimpan sesuai dengan kode-kode yang ada dan diurutkan sesuai tanggal masuk atau keluar tujuan dari system menyimpanan ini untuk memudahkan mencari kembali surat yang masuk dan surat yang kelauar dll.
6) Pemanfaatan SIM/SIN/TIN yaitu untuk mengetahui perkembangan suatu sekolah.
c. Administrasi keuangan
Dalam hal tersebut yang perlu disiapkan / disediakan :
1. Buku Kas Umum
Merupakan buku yang mencatat penerimaan dan pengeluaran yang dilakukan oleh bendahara tujuannya untuk mengetahu berapa jumlah uang yang masuk dan berapa jumlah uang yang keluar sehingga bisa ketemu berapa saldonya setiap bulan
2. Buku Kas Pembantu merupakan buku catatan pengeluaran secara rinci per mata anggaran.
3. Laporan keuangan yaitu laporan keuangan sekolah yang dipertanggungjawabkan oleh Kepala Sekolah dan Bendahara
d. Administrasi barang
Dalam hal tersebut yang perlu disiapkan / disediakan :
1. Buku Induk / Inventaris barang yaitu buku yang mencatat tentang barang yang telah diperoleh baik dari pembelian dari droping maupun dari bantuan
2. Buku Non Inventaris adalah buku yang mencatat barang-barang yang habis pakai baik dari pembelian maupun bantuan.
3. Buku Pemeliharaan adalah buku yang yang mencatat tentang barangbarang inventaris yang di perbaiki.
4. Buku kendali / stok barang adalah buku yang mencatat masing-masing barang untuk diketahui berapa jumlah barang yang masuk dan berapa jumalah barang yang keluar sehingga diketemukan sisa barang.
e. Administrasi kesiswaan
Dalam hal tersebut yang perlu disiapkan / disediakan :
1. Buku Induk Pegawai yaitu buku yang mencatat tentang diri siswa yang diurutkan sesuai dengan nomor induk siswa, selain data juga ditampilkan foto siswa serta juga ditampilkan data pelaporan penilaian hasil belajar siswa.
2. Klaper yaitu buku yang mencatat nama siswa menurut abjad
3. Buku mutasi masuk, keluar yaitu buku yang mencatat siswa yang pindah sekolah atau DO, serta mencatat siswa yang mutasi masuk di dalam buku mutasi juga terdapat rekapitulasi keadaan siswa buku ini setiap bulan dipertanggung jawabkan kepada Kepala Sekolah.
4. Buku Prestasi yaitu buku yang mencatat prestasi yang diraih siswa baik akademis maupun akademisi
5. Rekap absen siswa yaitu buku rekap yang berisi tentang rekap masing –masing siswa yang tidak hadir dalam satu bulan.
6. Buku kumpulan nilai yaitu buku yang berisi tentang kumpulan nilai dari beberapa bidang studi mulai dari semester satu sampai semester dua manfaat dari buku ini untuk dipindahkan di buku induk siwa dalam lembaran pelaporan hasil belajar siswa.
7. Daftar nominatif siswa adalah daftar susunan nama siswa yang akan mengikuti Ujian Akhir Nasional
8. Foto copy ijasah/ DHUN/ Transkip atau sertifikat siswa dan tamatan adalah kumpulan ijasah siswa yang telah lulus, dikelompokkan sesuai tahun pelajaran
9. Rapor siswa adalah Buku hasil belajar siswa yang diberikan kepada siswa setiap semester
Sedangkan menurut Bambang Samsul Arifin (2004: 218) kegiatan administrasi itu meliputi tiga hal yaitu: Administrasi kesektariatan, administrasi tata usaha bidang pengajaran, dan pengaturan tata ruang kantor
Selanjutnya menurut Baharudin (2004: 217) menambahkan bahwa dalam pelaksanaan kerjanya kegiatan ketatausahaan harus dilakukan secara efisien artinya memiliki tujuan mencapai hasil yang tinggi dari hasil usaha itu dengan cepat dan rapi.
Ada beberapa asas-asas kerja efisien tersebut diantaranya:
a. Asas Perencanaan meliputi hal-hal yang akan dikerjakan untuk mencapai suatu tujuan.
b. Asas Penyederhanaan meliputi kegiatan kerja yang selit menjadi mudah, kemudian menghemat pikiran, gerak, jarak dan materi.
c. Asas Penghematan yaitu mencegah pembiayaan yang mahal dan pemakaian benda berlebihan.
d. Asas Penghapusan yaitu menghapus kegiatan yang tidak berhubungan dengan hasil kerja.
e. Asas Penggabungan yaitu menggabungkan pekerjaan yang memiliki persamaan agar dapat dikerjakan dalam satu langkah.
Kemudian Oteng sutisna (1989: 147-148) menegaskan bahwa prinsip dalam administrasi kantor adalah sebagai berikut:
1. Pahami fungsi-fungsi administrasi yang ada di sekolah
2. Kembangkan dan nilai secara periodik suatu sistem pencatatan yang terintegrasi.
3. Persiapakan dalam tulisan-tulisan untuk setiap tugas pokok dan tentukan penanggung jawaban bagi setiap tahapan-tahapan, tugas-tugas, transaksi dan memelihara cacatan.
4. Sediakan kesempatan bagi staf sekolah untuk mendiskusikan fungsi, tugas, prosedur, dan catatan-catatan.
5. Gunakan catatan dan laporan sebagai pelayan kepada organisasi terutama sebagai pengukur dan alat kontrol.

C. Peran atau Kegunaan tata usaha
Kegunaan administrasi tata usaha dalam suatu lembaga pendidikan menurut Afifudin (2004:217) adalah sebagai berikut:
a. Membantu pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan induk untuk mencapai tujuan sekolah
b. Menyediakan keterangan-keterangan bagi pempinan sekolah, guru-guru atau personal lainnya, terutama untuk keperluan perencanaan, pembuatan keputusan dan pengendalian yang menjadi tugas pokoknya.
c. Melancarkan perkembangan sekolah sebagai kesatuan yang hidup

D. Pengawasan dalam bidang tata usaha
Fungsi pengawasan dalam tata usaha ini bertujuan untuk mengawasi dan memeriksa agar apa yang direncanakan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Sedangkan menurut Afifudin (2004: 228) hal-hal yang harus menjadi pengawasan adalah:
1. Jumlah hasil kerja,
2. Mutu hasil kerja
3. Kesungguhan, kerajinan, dan kecakapan para pegawai
4. Pemakaian uang secara sah dan efisien
5. Pembelian, penggunaaan, dan pemeliharaan barang perbekalan dengan tepat.
6. Penataan dan pemakain ruang kerja yang baik
7. Penggunaan waktu untuk kepentingan yang bersangkutan
8. Metode kerja.

Jumat, 11 Januari 2019

VISI DAN MISI SMA MUHAMMADIYAH JARAI


  1. Visi SMA Muhammadiyah Jarai
 Terwujudnya Prestasi Teladan Yang Islami
Indikator VISI :
1.      Mampu Dalam Prestasi Akademik dan non akademik
2.      Mampu Dalam Persaingan masuk perguruan tinggi negeri yang terakreditasi
3.      Mampu Dalam Prestasi ekstrakurikuler
4.      Mampu Dalam Wawasan Wiyata Mandala
5.      Mampu Dalam Pengamalan  nilai-nilai agama Islam dan budaya bangsa
6.      Mampu Dalam Pengelolaan Administrasi Sekolah
7.      Mampu Dalam Pengembangan keterampilan, ilmu pengetahuan dan teknologi.

  1. Misi SMA Muhammadiyah Jarai

a.       Meningkatkan Sarana dan Prasarana yang dibutuhkan oleh peserta didik dan pengelola sekolah.

b.      Meningkatkan disiplin KBM dan bimbingan secara efektif,efisien dan menyenangkan kepada guru dan peserta didik

c.       Melaksanakan  kegiatan Ektrakurikuler

d.      Meningkatkan kepedulian dalam melaksanakan ajaran  agama Islam di lingkungan sekolah setiap hari sehingga tercipta suasana yang islami.

e.       Menciptakan tamatan yang kreatif ,trampil dan produktif sesuai dengan tuntunan dunia kerja dalam rangka menghadapi Era Globalisasi.

f.    Menumbuhkan semangat berkeunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah dan pengurus persyarikatan.



RIWAYAT SMA MUHAMMADIYAH JARAI

ó  SMA Muhammadiyah Jarai berdiri sejak tanggal, 06 Juni 2003 terletak di Jalan Ade Irma Suryani Nasution Jarai, SMA Muhammadiyah Jarai adalah satu – satunya SMA swasta yang menampung siswa–siswi yang ingin bersekolah yang dipilihnya selain SMA Negeri. SMA Muhammadiyah Jarai pertama menerima siswa 48 orang.

ó  Para Perintis berdirinya SMA Muhammadiyah Jarai
  1. Rasyidin                                  (PCM Jarai)
  2. Sabarudin                                (PCM Jarai)
  3. Poniran Waluyo                      (PCM Jarai)
  4. Supli. S                                    (PCM Jarai)
  5. H. Ruslan                                (PCM Jarai)
  6. Komarudin                              (Pegawai SMA Muhammadiyah Jarai)
  7. Ir. Hardani                              (Guru SMA Muhammadiyah Jarai)
  8. Suherman                                (Guru SMA Muhammadiyah Jarai).
  9. Rudiyansyah                           (Staf Tata Usaha SMA Muhammadiyah Jarai)

ó  Kepala Sekolah
-          Dari tahun berdiri SMA Muhammadiyah Jarai sampai dengan tahun 2007 dijabat oleh : SYAHRIL PUDI, S. Ag. M.Pd.I
Kepala Sekolah diangkat oleh yayasan sejak tahun 2003 – 2007.

-          Dari tahun berdiri SMA Muhammadiyah Jarai sampai dengan tahun 2009 dijabat oleh : SYAHRIL PUDI, S. Ag. M.Pd.I
Kepala Sekolah diangkat oleh yayasan sejak tahun 2009 – 2015.

-          Dari tahun 2015-2019 Kepala SMA Muhammadiyah Jarai memasuki tahun ke 12 Tahun dijabat oleh : Ir. Hardani
Kepala Sekolah diangkat oleh Persyarikatan Muhammadiyah Oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Palembang Sumatera Selatan periode tahun 2015—2019

ó  Perkembangan Status
SMA Muhammadiyah Jarai selama dari 2003 sampai dengan tahun 2006 mengalami perubahan status sekolah dari TERDAFTAR menjadi TERAKREDITASI. B Pada Tahun 2007 dan di Tahun 2012 Juga TERAKREDITASI B.


PERKEMBANGAN GEDUNG SMA MUHAMMADIYAH JARAI


Pertama kali sekolah berdiri di komplek Perguruan Muhammadiyah Jarai ditempati oleh 3 (Tiga) sekolah yaitu : TK – ABA Jarai, SD Muhammadiyah 092 Jarai, dan SMP Muhmmadiyah 26 Jarai. Ditahun 2003 di dirikan oleh Persyarikatan yaitu SMA Muhammadiyah Jarai, karena tantangan dunia pendidikan yang sangat kurang khususnya tingkat SMA yang ada di Kecamatan Jarai . dengan berdirinya SMA Muhammadiyah Jarai maka masyarakat bisa  menyekolahkan anak – anaknya di salah satu pilihan yang ada saat ini.

Ditahun 2006/2007 SMA Muhammadiyah Jarai telah mendirikan gedung sekolah sebanyak 2 ruang Laboratorium dan enam ruang kelas baru, karena ditahun 2003 – 2005 ruangan yang ada hanya 3 (Tiga) ruang belajar. Ditahun 2011 Pembangunan Ruang Kelas baru 1 ruang Kelas.
Tahun 2013 SMA Muhammadiyah Jarai menerima Rehab Gedung Ruang Kelas Belajar Mengajar sebanyak 2 ruang kelas, dengan pekerjaan dikerjakan secara swakelolah oleh pihak sekolah, SMA Muhammadiyah saat ini memiliki gedung ruang belajar yang cukup memadai untuk para siswa belajar mengajar dikelas karena kondisi ruangan sangat baik. Jumlah ruang kelas 6 ruang Kelas.










JUMLAH SISWA





Selasa, 04 Desember 2018

ABSEN PRAKTIK TIK

ISILAH ABSEN DIBAWAH INI :


DENGAN MENGKELIK :


https://goo.gl/forms/MAVKWXYTgVjspXlj2

NILAI UJIAN PRAKTIK TIK 2018-2019 SEMESTER 1

DAFTAR NIAI UJIAN PRAKTIK
NAMA SEKOLAH : SMA MUHAMMADIYAH JARAI
MATA PELAJARAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM  : IPA
KELAS  : XII
Nomor NAMA SISWA ASPEK YANG DINILAI
Urut No. EBS.1 1 2 3 4 Rata-rata 
1 U11-08-079 AHMAD OKTOSYARI 0 0 0 0 0
2 U11-08-080 AYU UTAMI 80 75 85 80 80
3 U11-08-081 BAGAS KARA 0 0 0 0 0
4 U11-08-082 BUSTAMIL ADITYA 78 79 82 85 81
5 U11-08-083 DANDI RINALDI 0 0 0 0 0
6 U11-08-084 DARMAWAN MEDIANSAH 0 0 0 0 0
7 U11-08-085 DELPI MARLENI 83 90 82 85 85
8 U11-08-086 DEPRIANSYAH 82 80 84 82 82
9 U11-08-087 DESPITA GUMAY 81 76 75 80 78
10 U11-08-088 DIARA MADORA 82 78 85 83 82
11 U11-08-089 DIYA PUSPITA 82 78 79 77 79
12 U11-08-090 FERGO FERNANDO 0 0 0 0 0
13 U11-08-091 HENDRA OKTARIANSYAH 80 79 78 79 79
14 U11-08-092 JIMIANSYAH PUTRA 79 80 79 78 79
15 U11-08-093 M. HIDAYATULLAH 77 84 77 78 79
16 U11-08-094 MAULANA  0 0 0 0 0
17 U11-08-095 MELYZA AGUSTINA 85 76 85 86 83
18 U11-08-096 MENTARI SIRINTA 78 79 81 78 79
19 U11-08-097 MIDIANTO 79 79 81 85 81
20 U11-08-098 M. GOLDEN 79 79 76 82 79
21 U11-08-099 NANDA ALFARISA 85 75 80 80 80
22 U11-08-100 NEVEN MARLIUS 80 75 85 80 80
23 U11-08-101 OKBAR MUSTIKA R 79 76 83 78 79
24 U11-08-102 RIZKY KARUNIAWAN 79 80 78 79 79
25 U11-08-103 RYENALDY SYAHPUTRA 0 0 0 0 0
26 U11-08-104 SEFTI ANGGRAINI 85 87 85 79 84
27 U11-08-105 SEPIA MARGIANTI 80 86 85 89 85
28 U11-08-106 TISER ANGGARA 80 84 82 78 81
29 U11-08-107 UMI ANGRIANI 88 76 80 80 81
30 U11-08-108 YUNI SEPTIANI 85 70 85 80 80
Jarai, 4  Desember  2018
Pengawas 2, Pengawas 1,
RUDIYANSYAH, S.Pd YEYEN SANTI ASRTIANH, S.Pd
NBM. 977405 NBM.

ABSENSI TIK

ISILAH ABSEN DIBAWAH INI :


DENGAN MENGKELIK :


https://goo.gl/forms/MAVKWXYTgVjspXlj2

Kamis, 02 November 2017

IJIN PERKEMAHAN

LOGGO (47)





                                    MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH JARAI
SMA MUHAMMADIYAH JARAI
Terakreditasi B No. Sertifikat Ma. 013186
Jl. Ade Irma Suryani Nasution Jarai Kecamatan Jarai Kabupaten Lahat Sum-Sel 31591
E-Mail : sma.muhjarai@gmail.com Hp : 081373307400
NSS : 302110508054
NPSN : 10644264
Nomor             :        /IV.4.AU/A/SMAM/2017
Lampiran         : -
Perihal             : Ijin Mengikuti Kegiatan
  Perkemahan

            Kepada,
Yth.     Orang Tua / Wali Siswa dari
Nama   : …………………………….
Kelas   : …………………………….
Di
            Tempat

Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu (PERSAMI) Anggota Pramuka SMA Muhamamdiyah Jarai di SMA Negeri 1 Muara Payang Kecamatan Muara Payang Kabupaten Lahat, yang akan dilaksanakan pada:

Hari                 : SABTU - MINGGU
Jam                  : 13.00 WIB (Sabtu) s.d. 15.00 WIB (Minggu)
Tempat            : SMA Negeri 1 Muara Payang
Acara               : Pelantikan Penegak
Lain-Lain        : Setiap peserta perkemahan membawa :
ü  Seragam Pramuka lengkap
ü  Seragam Olahraga
ü  Peralatan Sholat
ü  Pakaian pribadi
ü  Alat Tulis menulis
ü  Alas tidur
ü  Pakaian hangat (jaket)

Kami Mohon dengan hormat diberikan ijin kepada putra/putrinya untuk mengikuti kegiatan tersebut di atas. Atas pemberian ijin dan kerjasama yang baik diucapkan terima kasih
Jarai, 02 Nopember 2017
Kepala SMA Muhamamdiyah Jarai,



Ir. HARDANI
NBM. 977404


--------------------------------------------------- potong disini ----------------------------------------------
SURAT PERNYATAAN IJIN PERKEMAHAN
Yang bertanda tangan di bawah ini  orang tua / wali siswa dari siswa:
Nama                  : ………………………………………………………………
Kelas                   : ………………………………………………………………
Alamat                : ………………………………………………………………
Dengan ini memberikan ijin kepada putra/putri kami untuk mengikuti kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu (PERSAMI) Anggota Pramuka SMA Muhamamdiyah Jarai di SMA Negeri 1 Muara Payang Kecamatan Muara Payang Kabupaten Lahat.

....................., …………………
Orang Tua / wali Siswa,


                                                                                                        ----------------------------

HASIL UHB KELAS XI MIPA 2 TGL 01/02/2024

  PELAJARAN MATEMATIKA