SPREADSHEET | MATERI TIK SMA EXCEL
Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet canggih yang bisa digunakan untuk menampilkan data, melakukan pengolahan data, kalkulasi, membuat diagram, laporan, dan semua hal yang berkaitan dengan data yang berupa angka. Contoh aplikatif dari penggunaan spreadsheet dalam kehidupan seharihari misalnya untuk keperluan sebagai berikut.
1. Menghitung rata-rata atau nilai maksimum suatu data.
2. Membuat sebuah grafik yang memperlihatkan presentasi suatu penjualan dalam range tertentu.
3. Memperlihatkan jumlah total suatu variabel.
4. Memanajemen suatu database.
Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet canggih yang bisa digunakan untuk menampilkan data, melakukan pengolahan data, kalkulasi, membuat diagram, laporan, dan semua hal yang berkaitan dengan data yang berupa angka. Contoh aplikatif dari penggunaan spreadsheet dalam kehidupan seharihari misalnya untuk keperluan sebagai berikut.
1. Menghitung rata-rata atau nilai maksimum suatu data.
2. Membuat sebuah grafik yang memperlihatkan presentasi suatu penjualan dalam range tertentu.
3. Memperlihatkan jumlah total suatu variabel.
4. Memanajemen suatu database.
Spreadsheet pada dasarnya adalah
grid besar yang menata data ke dalam baris dan kolom, namun Excel memiliki
fitur yang lebih dan hanya sekedar pengganti buku akuntansi. Excel dapat
melakukan semua kalkulasi yang diinginkan, dan misalkan data di dalam sebuah
sheet Excel diubah/di-update, maka Excel dapat langsung melakukan
peng-update-an hasil tanpa harus mengubah struktur keseluruhan dari penulisan
spreadsheet.
Salah satu software spreadsheet
terbaru saat ini adalah Microsoft Excel 2007. Aplikasi pengolah angka ini
merupakan salah satu bagian dalam Microsoft Office 2007. Microsoft Excel 2007
ini dapat dijalankan dengan sistem operasi Windows XP, dan Windows XP
Profesional. Dalam materi berikut digunakan sistem operasi Windows XP
profesional. Hingga tulisan ini di terbitkan Microsoft Office sudah merilis
spreadsheet terbarunya yaitu Microsoft Excel 2010
Menurut penelitian mengenai
penggunaan program di Amerika dinyatakan bahwa Microsoft Excel keluaran dari
Microsoft Corporation ini terbukti paling laris dan paling banyak digunakan di
pasaran jika dibandingkan dengan program pengolah angka sejenis seperti
Quattro, Quattro Pro, Lotus, dan Supercall. Hal tersebut dikarenakan Microsoft
Excel berada di bawah sistem operasi Windows yang memiliki keunggulan berbasis
grafik (Grafic user interface/GUI) yang dikembangkan oleh Microsoft, artinya
sistem ini selain digunakan untuk mode grafis juga memiliki kelebihan untuk
melaksanakan tugas ganda/multitasking. Pada saat yang bersamaan dapat digunakan
untuk menjalankan program lain yang berbeda.
Microsoft Office Excel 2007
merupakan pengembangan dan Microsoft Office versi sebelumnya dan merupakan
salah satu produk Microsoft Corporation. Pada Excel 2007 ini tersedia berbagai
macam kemampuan untuk membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan, khususnya yang
berhubungan dengan pengolahan angka, baik dalam perkantoran maupun dalam dunia
bisnis lainnya.
Sumber : http://www.umboh.net/2012/01/spreadsheet-materi-tik-sma-excel.html#ixzz2HXIgDI2Q
Hak Kekayaan Intelektual [www.umboh.net] – Wajib Melampirkan Link Sumber
Under Creative Commons License: Attribution Share Alike
MENU DAN IKON MICROSOFT EXCEL 2007 BAGIAN I | MATERI T kamis, Januari 10, 2013 aziz kaldi s IK SMA XI SEMESTER 2
Pada materi sebelumnya, Anda telah mempelajari cara membuka dan mengakhiri program Spreadsheet Microsoft Excel 2007. Tentu Anda akan dihadapkan pada sebuah lembar kerja yang terdapat berbagai macam menu dan ikon. Apa saja menu yang ditampilkan pada lembar kerja Program Microsoft Excel 2007? Apa fungsi masing-masing menu dan ikon pada lembar kerja tersebut? Dengan mempelajari materi berikut, Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan di atas.
Hak Kekayaan Intelektual [www.umboh.net] – Wajib Melampirkan Link Sumber
Under Creative Commons License: Attribution Share Alike
MENU DAN IKON MICROSOFT EXCEL 2007 BAGIAN I | MATERI T kamis, Januari 10, 2013 aziz kaldi s IK SMA XI SEMESTER 2
Pada materi sebelumnya, Anda telah mempelajari cara membuka dan mengakhiri program Spreadsheet Microsoft Excel 2007. Tentu Anda akan dihadapkan pada sebuah lembar kerja yang terdapat berbagai macam menu dan ikon. Apa saja menu yang ditampilkan pada lembar kerja Program Microsoft Excel 2007? Apa fungsi masing-masing menu dan ikon pada lembar kerja tersebut? Dengan mempelajari materi berikut, Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan di atas.
1. Elemen pada Microsoft Excel 2007
Pada saat Anda memulai Excel 2007, akan muncul sebuah dokumen kosong. Mulai dari sini, Anda dapat menambahkan data, mengubah tampilan data, meminta Excel meringkas data, atau menemukan informasi dalam file bantuan Excel.
Pada saat Anda memulai Excel 2007, akan muncul sebuah dokumen kosong. Mulai dari sini, Anda dapat menambahkan data, mengubah tampilan data, meminta Excel meringkas data, atau menemukan informasi dalam file bantuan Excel.
Gambar berikut menunjukkan
komponen-komponen terpenting Excel 2007, yaitu jendela workbook, ikon menu
kontrol, quick access toolbar, baris tab, formula bar, size button, name box,
area spreadsheet, scroll bar, tombol navigasi, nama sheet, baris status, dan
zoom.
Bagian-bagian Lembar Kerja Excel
2007
a. Ikon Menu Kontrol
Ikon menu kontrol Excel 2007 sangat berbeda dengan Excel 2003 yang hanya berisi instruksi-instruksi untuk mengubah posisi jendela. Dalam Excel 2007, isi perintah-perintah ikon menu kontrol ini akan muncul saat ikon menu kontrol tersebut diklik, sebagaimana ditampilkan dalam gambar berikut.
a. Ikon Menu Kontrol
Ikon menu kontrol Excel 2007 sangat berbeda dengan Excel 2003 yang hanya berisi instruksi-instruksi untuk mengubah posisi jendela. Dalam Excel 2007, isi perintah-perintah ikon menu kontrol ini akan muncul saat ikon menu kontrol tersebut diklik, sebagaimana ditampilkan dalam gambar berikut.
Tampilan kotak dialog ikon menu
kontrol aplikasi Excel 2007
1. New, yang dilambangkan dengan simbol merupakan perintah untuk menampilkan lembar kerja kosong untuk dilakukan pengetikan dokumen baru. Untuk memulai pekerjaan pada Microsoft Excel 2007 dilakukan dengan klik pada ikon ini.
2. Open, disimbolkan dengan lambang merupakan perintah untuk membuka dokumen Microsoft Excel 2007 yang telah tersimpan dalam hardisk, CD/DVDRom. USB Flashdisk, Disket, atau media simpan lain.
3. Save, merupakan perintah untuk menyimpan file lembar kerja Excel 2007 yang baru dibuat atau diedit, yang sebelumnya pernah atau belum pernah tersimpan di dalam hardisk, CD/DVDROM, USB Flashdisk, disket, atau media simpan lainnya.
4. Save As, tombol ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan perintah . Perintah sudah dilengkapi dengan fasilitas yang apabila diklik terdiri atas perintah-perintah seperti ditampilkan pada gambar berikut.
1. New, yang dilambangkan dengan simbol merupakan perintah untuk menampilkan lembar kerja kosong untuk dilakukan pengetikan dokumen baru. Untuk memulai pekerjaan pada Microsoft Excel 2007 dilakukan dengan klik pada ikon ini.
2. Open, disimbolkan dengan lambang merupakan perintah untuk membuka dokumen Microsoft Excel 2007 yang telah tersimpan dalam hardisk, CD/DVDRom. USB Flashdisk, Disket, atau media simpan lain.
3. Save, merupakan perintah untuk menyimpan file lembar kerja Excel 2007 yang baru dibuat atau diedit, yang sebelumnya pernah atau belum pernah tersimpan di dalam hardisk, CD/DVDROM, USB Flashdisk, disket, atau media simpan lainnya.
4. Save As, tombol ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan perintah . Perintah sudah dilengkapi dengan fasilitas yang apabila diklik terdiri atas perintah-perintah seperti ditampilkan pada gambar berikut.
Sub tab menu Save As aplikasi
Microsoft Excel 2007
Keterangan:
• Excel Workbook, adalah perintah menyimpan dokumen dalam format file default dan Microsoft Excel 2007.
• Excel Macro Enabled workbook, adalah perintah untuk menyimpan lembar kerja sebagai sebuah template yang dapat digunakan untuk menyimpan lembar kerja ke format lain.
• Excel Binary Workbook, yaitu perintah untuk menyimpan lembar kerja ke beberapa format dan diyakini dapat diakses dengan mudah.
• Excel 97-2003 Workbook, digunakan untuk menyimpan lembar kerja dalam format yang sangat cocok untuk diedit oleh Microsoft Excel 1997 hingga 2003.
• Find add ins for other File formats, perintah ini digunakan untuk mempelajari dari help tentang add-ins untuk menyimpan format dokumen ke bentuk lain, misalnya ke format PDF atau XPS.
• Other Format, adalah perintah untuk membuka kotak dialog Save As, sehingga kita leluasa
b. Quick Access Toolbar
Quick access toolbar letaknya di pojok kanan atas tepatnya di sebelah kiri ikon menu kontrol. Setiap tombol dikenali menurut bentuk-bentuk ikon gambar yang masing-masing mewakili perintah tertentu dan berbeda perintah antara tombol satu dengan tombol lainnya.
Keterangan:
• Excel Workbook, adalah perintah menyimpan dokumen dalam format file default dan Microsoft Excel 2007.
• Excel Macro Enabled workbook, adalah perintah untuk menyimpan lembar kerja sebagai sebuah template yang dapat digunakan untuk menyimpan lembar kerja ke format lain.
• Excel Binary Workbook, yaitu perintah untuk menyimpan lembar kerja ke beberapa format dan diyakini dapat diakses dengan mudah.
• Excel 97-2003 Workbook, digunakan untuk menyimpan lembar kerja dalam format yang sangat cocok untuk diedit oleh Microsoft Excel 1997 hingga 2003.
• Find add ins for other File formats, perintah ini digunakan untuk mempelajari dari help tentang add-ins untuk menyimpan format dokumen ke bentuk lain, misalnya ke format PDF atau XPS.
• Other Format, adalah perintah untuk membuka kotak dialog Save As, sehingga kita leluasa
b. Quick Access Toolbar
Quick access toolbar letaknya di pojok kanan atas tepatnya di sebelah kiri ikon menu kontrol. Setiap tombol dikenali menurut bentuk-bentuk ikon gambar yang masing-masing mewakili perintah tertentu dan berbeda perintah antara tombol satu dengan tombol lainnya.
c. Baris Tab
Lingkungan kerja Excel 2007 sangat berbeda tampilannya dengan Microsoft Excel versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab/baris tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar.
Lingkungan kerja Excel 2007 sangat berbeda tampilannya dengan Microsoft Excel versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab/baris tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar.
d. Size Button
Size button digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja. Dalam layar Excel 2007 terdiri dari empat tombol sebagai berikut.
• Minimize Untuk menutup sementara Ms. Excel, jendela ditutup dan dikirim ke taskbar menjadi sebuah ikon. Untuk membuka kembali klik pada ikon di taskbar.
• Restore Mengembalikan jendela Ms. Excel keukuran semula.
• Maximize Mengubah ukuran jendela Ms. Excel menjadi ukuran yang lebar.
• Close Untuk menutup jendela Ms. Excel.
Size button digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja. Dalam layar Excel 2007 terdiri dari empat tombol sebagai berikut.
• Minimize Untuk menutup sementara Ms. Excel, jendela ditutup dan dikirim ke taskbar menjadi sebuah ikon. Untuk membuka kembali klik pada ikon di taskbar.
• Restore Mengembalikan jendela Ms. Excel keukuran semula.
• Maximize Mengubah ukuran jendela Ms. Excel menjadi ukuran yang lebar.
• Close Untuk menutup jendela Ms. Excel.
e. Name Box
Name box merupakan toolbar yang berisi alamat suatu cell.
Name box merupakan toolbar yang berisi alamat suatu cell.
f. Formula Bar
Formula bar adalah tempat untuk menuliskan rumus (fungsi).
Formula bar adalah tempat untuk menuliskan rumus (fungsi).
Keterangan :
1. Tombol Cancel digunakan untuk membatalkan pengisian sel melalui formula bar.
2. Tombol Enter digunakan untuk memasukkan teks atau formula pada sel yang ditentukan sebelumnya.
3. Tombol Insert Function digunakan untuk menyisipkan fungsi tertentu ke dalam sel.
1. Tombol Cancel digunakan untuk membatalkan pengisian sel melalui formula bar.
2. Tombol Enter digunakan untuk memasukkan teks atau formula pada sel yang ditentukan sebelumnya.
3. Tombol Insert Function digunakan untuk menyisipkan fungsi tertentu ke dalam sel.
g. Kolom
Kolom merupakan baris lajur yang berisi abjad A sampai IV (256 kolom, kolom maksimal).
Kolom merupakan baris lajur yang berisi abjad A sampai IV (256 kolom, kolom maksimal).
h. Baris
Baris berisi angka 1 sampai 65.536 (jumlah baris maksimal).
Baris berisi angka 1 sampai 65.536 (jumlah baris maksimal).
i. Scroll Bar
Scroll bar merupakan bar penggulung yang dibedakan menjadi dua, yaitu vertical scroll bar dan horizontal scroll bar.
1. Vertical scroll Bar berfungsi untuk menggulung dokumen ke atas atau ke bawah.
2. Horizontal scroll bar digunakan untuk menggulung layar ke kiri dan ke kanan.
j. Tombol Navigasi Sheet
Tombol navigasi sheet adalah tombol yang digunakan untuk berpindah dari satu sheet ke sheet yang lain.
Scroll bar merupakan bar penggulung yang dibedakan menjadi dua, yaitu vertical scroll bar dan horizontal scroll bar.
1. Vertical scroll Bar berfungsi untuk menggulung dokumen ke atas atau ke bawah.
2. Horizontal scroll bar digunakan untuk menggulung layar ke kiri dan ke kanan.
j. Tombol Navigasi Sheet
Tombol navigasi sheet adalah tombol yang digunakan untuk berpindah dari satu sheet ke sheet yang lain.
k. Baris Status
Baris status adalah baris yang berisi keterangan yang menunjukkan lembar kerja yang saat itu digunakan/dikerjakan.
Baris status adalah baris yang berisi keterangan yang menunjukkan lembar kerja yang saat itu digunakan/dikerjakan.
l. Zoom
Zoom merupakan tombol untuk mengatur penampilan layar, mengecilkan dan membesarkan lembar kerja dalam layar.
Zoom merupakan tombol untuk mengatur penampilan layar, mengecilkan dan membesarkan lembar kerja dalam layar.
Sumber : http://www.umboh.net/2012/01/menu-dan-ikon-microsoft-excel-2007.html#ixzz2HXJxECmK
Hak Kekayaan Intelektual [www.umboh.net] – Wajib Melampirkan Link Sumber
Under Creative Commons License: Attribution Share Alike
MENU DAN IKON MICROSOFT EXCEL 2007 BAGIAN II | MATERI TIK SMA XI SEMESTER 2
Senin, Januari 09, 2012 Harly Umboh
2. Menu Tab
Lembar kerja Microsoft Excel 2007 memiliki menu tab yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan Anda secara cepat. Tab-tab menu tersebut adalah Tab Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, dan View. Di setiap tab terdapat kumpulan toolbar-toolbar.
Hak Kekayaan Intelektual [www.umboh.net] – Wajib Melampirkan Link Sumber
Under Creative Commons License: Attribution Share Alike
MENU DAN IKON MICROSOFT EXCEL 2007 BAGIAN II | MATERI TIK SMA XI SEMESTER 2
Senin, Januari 09, 2012 Harly Umboh
2. Menu Tab
Lembar kerja Microsoft Excel 2007 memiliki menu tab yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan Anda secara cepat. Tab-tab menu tersebut adalah Tab Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, dan View. Di setiap tab terdapat kumpulan toolbar-toolbar.
a. Toolbar
Toolbar merupakan kotak yang berisi tombol-tombol untuk mempercepat proses pekerjaan yang Anda lakukan. Umumnya tombol-tombol ini dikenal dengan istilah shorcut sebagai perintah cepat/jalan pintas dari sebuah pilihan menu. Microsoft Excel 2007 memiliki tab menu berikut.
Toolbar merupakan kotak yang berisi tombol-tombol untuk mempercepat proses pekerjaan yang Anda lakukan. Umumnya tombol-tombol ini dikenal dengan istilah shorcut sebagai perintah cepat/jalan pintas dari sebuah pilihan menu. Microsoft Excel 2007 memiliki tab menu berikut.
1) Tab Home
Tab home berisikan perintah-perintah
standar (dasar). Elemen tab Home terdiri dari submenu berikut.
a) Clipboard
a) Clipboard
Kegunaan dari submenu clipboard
adalah untuk menampung/ menyimpan data sementara hasil copy atau hasil
pemotongan data. Dalam submenu ini terdapat perintah-perintah dalam bentuk ikon
(tombol).
b) Font
Submenu Font terdiri dari kumpulan
beberapa tombol seperti pada tabel berikut.
c) Alignment
Submenu Alignment terdiri dari ikon
(tombol) seperti pada tabel berikut.
d) Number
Submenu number terdiri dari ikon
(tombol) seperti pada tabel berikut.
e) Styles
Submenu Styles terdiri dari ikon
(tombol) seperti pada tabel berikut.
f) Cells
Submenu Cells terdiri dari ikon
(tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.
g) Editing
Submenu Editing terdiri dari ikon
(tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.
Sumber : http://www.umboh.net/2012/01/menu-dan-ikon-microsoft-excel-2007_09.html#ixzz2HXKyLIgR
Hak Kekayaan Intelektual [www.umboh.net] – Wajib Melampirkan Link Sumber
Under Creative Commons License: Attribution Share Alike
MENU DAN IKON MICROSOFT EXCEL 2007 BAGIAN III | MATERI TIK SMA XI SEMESTER 2
Senin, Januari 09, 2012 Harly Umboh
2) Tab Insert
Tab ini digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam lembar kerja seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, modelmodel grafik, membuat link, serta memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut.
Hak Kekayaan Intelektual [www.umboh.net] – Wajib Melampirkan Link Sumber
Under Creative Commons License: Attribution Share Alike
MENU DAN IKON MICROSOFT EXCEL 2007 BAGIAN III | MATERI TIK SMA XI SEMESTER 2
Senin, Januari 09, 2012 Harly Umboh
2) Tab Insert
Tab ini digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam lembar kerja seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, modelmodel grafik, membuat link, serta memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut.
a) Tables
Nama dan fungsi submenu Tables
terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.
b) Illustrations
b) Illustrations
Nama dan fungsi submenu
Illustrations terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel
berikut.
c) Chart, digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.
c) Chart, digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.
d) Text, digunakan untuk membuat tex
box, menyisipkan header and footer, membuat huruf indah, menyisipkan objek, dan
menyisipkan simbol.
e) Link, Digunkan untuk menyisipkan
Link pada Lembar kerja
3) Tab Page Layout
Tab page Layout digunakan untuk
mengatur data, bagian dari tab ini adalah sebagai berikut.
a) Themes, digunakan untuk mengatur pewarnaan, tata letak, dan efek huruf.
a) Themes, digunakan untuk mengatur pewarnaan, tata letak, dan efek huruf.
b) Page Setup, digunakan untuk
mengatur batas tepi kertas (margin), model dokumen (orientasi kertas), mengatur
ukuran kertas (size), mengatur area pencetakan (print area), mengatur penggalan
halaman (page break), memberi background dokumen, dan mencetak/memberi judul
tabel.
c) Scale to fit, digunakan untuk
mengatur lebar, tinggi, serta skala kolom atau baris secara otomatis.
d) Sheet Option, digunakan untuk
menampilkan garis bantu serta heading suatu data.
e) Arrange, digunakan untuk mengatur
tata letak gambar serta perataan, group, dan rotasi gambar.
Tab Layout Arrange
4) Tab Formula, digunakan untuk
memasukkan rumus (fungsi logika, fungsi text, format keuangan, fungsi tanggal,
dan waktu).
Tab Formula
5) Tab Data
Tab data digunakan untuk memasukkan
data eksternal, merefresh data. Pada bagian Sort dan Filter digunakan untuk
mengurutkan dan memfilter/menyaring data. Di bagian Data Tools digunakan untuk
membuat teks berkolom, sedangkan pada bagian Outline digunakan untuk proses
grup dan melepas grup suatu data serta membuat subtotal.
6) Tab Review
Tab Review digunakan untuk mengeja
kesalahan tata bahasa, pemberian komentar, serta penguncian data (keamanan
data).
7) Tab View
Tab View digunakan untuk melihat
tampilan lembar kerja, mengatur ukuran tampilan lembar kerja dalam layar, serta
pengaturan jendela lembar kerja.
Bersambung ke …
Menambahkan Ikon atau Menu pada Quick Access Toolbar
Sumber : http://www.umboh.net/2012/01/menu-dan-ikon-microsoft-excel-2007_3868.html#ixzz2HXLm9bb2Menambahkan Ikon atau Menu pada Quick Access Toolbar
Hak Kekayaan Intelektual [www.umboh.net] – Wajib Melampirkan Link Sumber
Under Creative Commons License: Attribution Share Alike
Tidak ada komentar:
Posting Komentar