MATERI TIK KELAS X SEMESTER 2

BAB 1
Sistem Operasi, Program Aplikasi dan Utility
SOFTWARE
Pada artikel ini kami akan membahas mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan ‘pengenalan komputer’ yang mengarah terhadap perangkat lunak. Diantaranya;
a. Jenis-jenis software
b. Sistem pengoperasian dan program kontrol
c. Utiliti dan program layanan serta
d. Program aplikasi pemakai

Software atau Perangkat lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Atau bahasa sederhananya semua program yang di gunakan untuk menjalankan komputer. Perangkat lunak juga dapat dikatakan sebagai ‘penterjemah’ perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diproses oleh perangkat keras.

A. Jenis-jenis Software
Terdapat beberapa jenis software, di tinjau dari segi fungsi dan dari segi cara memperolehnya.
Ada 3 jenis tingkatan software dari segi fungsi, diantaranya :
- Sistem Operasi
- Program Aplikasi
- Bahasa Pemrograman

Sistem Operasi
Sistem operasi atau operating system ( OS) adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan multimedia. Dengan kata lain sistem operasi merupakan software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software tersebut. Layanan inti umum yang di maksud seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi.

Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Sistem operasi terbagi menjadi 3 kelompok besar:

1. Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014).
2. Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Dan versi 10.5 (Leopard).
Contoh system operasi windows XP.
Program Aplikasi
Program Aplikasi atau Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Atau secara sederhana dapat di artikan sebagai perangkat lunak yang di buat untuk tujuan spesifik. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata (mikrosoft office, office.org writer, dll), pengolah gambar grafis (CorelDraw, adobe illustrator, inDesign, dll), dan pemutar media (winamp, media player, nero showtime, dll).
Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.
Macam – Macam Software
1. Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan sofware yang pertama kali dibaca oleh komputer pada saat booting sebagai dasar pengoperasian komputer. Terdapat 2 jenis sistem operasi berdasarkan tampilan antarmuka kepada penggunanya (user interface) yaitu yang berbasis CUI (Character User Interface) dan berbasis GUI (Graphical User Interface). Sistem operasi berbasis CUI, misalnya : DOS (Disk Operating Sistem) dan Sistem Operasi UNIX dan Linux pada mode terminal atau konsol. Sedangkan sistem operasi berbasis GUI, misalnya : Microsoft Windows 9x, 2000, NT, XP, serta sistem operasi UNIX dan Linux yang telah mendukung GUI.
2. Program bantuan atau Utility
program bantu (utility) merupakan program yang digunakan untuk mengisi kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem operasi yang terhapus. PC Tools dan Norton Utilities merupakan contoh dari program ini. Salah satu dari kelemahan DOS adalah tidak mampu bekerja di sistem jaringan. Oleh karena itu beberapa perusahaan membuat program tambahan yang dapat mengubah sistem DOS tersebut (single user atau stand alone system) menjadi sistem operasi yang dapat digunakan oleh banyak pemakai (multiuser). Netware, Token R ing dan Lantastic merukan contoh-contoh program ini.
3. Bahasa Komputer (Computer Language)
Computer Language merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer. Disebut bahasa karenacomputer language memiliki kosa kata dan tata bahasa yang harus ditaati oleh pemakainya.
Yang termasuk dalam jenis ini adalah :
a. Low Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh pembuatnya. Yang termasuk program ini adalah bahasa mesin assembly language
b. High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Contoh dari program ini adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dsb.
4. Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhan.
Program aplikasi dapat dibedakan lagi menjadi :
a. Word Processing
Word Processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. Contoh : Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect.
b. Desktop Publishing
Merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contoh : Ventura Publisher, Page Maker.
c. Program Speadsheet
Merupakan programprogram yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv.
d. Database Management System
Salah satu kegunaan komputer didalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.
e. Graphics
Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak pintar menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar dikomputer mudah diubah dan diolah. Contoh : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio, adobe photoshop
f. Program Akuntasi
Aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akuntasi. Contoh : DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting.
g. Program Statistik
Program statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contoh : SAS, SPSS, Statisca.
h. Communication
Communication merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh : Carbon Copy, DataFax, Procomm Plus, CrossTalk.
i. Multimedia
Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player. Contoh : Microsoft Video, nero showtime, winamp.
j. Game
Game merupakan program untuk permainan. Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia, condition zero.
k. Antivirus
Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendetekdi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh : McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG, SMADAV.
Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu set aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer(yang membuat program) dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Komputer adalah mesin yang dapat melaksanakan seperangkat perintah dasar (instruction set). Komputer hanya dapat diberi perintah yang terdiri dari perintah-perintah dasar tersebut. Perintah-perintah yang lebih rumit (misalnya mengurutkan suatu daftar sesuai abjad) harus diterjemahkan menjadi serangkaian perintah-perintah dasar yang dapat dimengerti komputer (perintah-perintah yang termasuk dalam instruction set komputer tersebut) yang pada akhirnya dapat mennyelesaikan tugas yang diinginkan, meskipun dijalankan dengan beberapa operasi dasar, bukan satu operasi rumit.
Bahasa pemrograman adalah bahasa yang dapat diterjemahkan menjadi kumpulan perintah-perintah dasar tersebut. Penerjemahan dilakukan oleh program komputer yang disebut kompilator (compiler). Setiap bahasa pemrograman mempunyai kompilatornya sendiri. Contohnya, kompilator C++ tidak akan mengerti program yang ditulis dengan bahasa Java. Sintaks dari bahasa pemrograman lebih mudah dipahami oleh manusia daripada sintaks perintah dasar. Namun tentu saja komputer hanya dapat melaksanakan perintah dasar itu. Maka di sinilah peran penting kompilator sebagai perantara antara bahasa pemrograman dengan perintah dasar.
Kegiatan membuat program komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman disebut pemrograman komputer. Bahasa pemograman di bagi atas dua jenis, yaitu bahasa tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah. Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa pemograman yang bisa di mengerti oleh manusia, diantaranya adalah PASCAL, FORTRAN, COBOL, BASIC, JAVA, dan C++. Sedangkan program yang menggunakan bahasa tingkat rendah merupakan bahasa yang sulit di mengerti oleh manusia.

Menurut cara memperolehnya, software dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.
Freeware. Software yang bersifat freeware dapat digunakan tanpa biaya, namun masih memiliki batasan atas hak cipta pengguna. Beberapa contoh freeware adalah Paint.net, Rocket Dock, Ccleaner, dan masih banyak lagi.
Shareware. Shareware adalah software yang dapat digunakan tanpa biaya dalam jangka waktu tertentu. Setelah jangka waktu tersebut selesai, pengguna diberi pilihan, apakah akan melanjutkan menggunakan software tersebut (dengan konsekuensi membayar) atau tidak menggunakan lagi software tersebut.. Beberapa contoh dari shareware ini misalnya StyleXP, Window Blinds, WinRAR, dan sebagainya.
Propietary software. Intinya, propietary software itu hampir sama dengan barang yang bisa kita beli di pasar. Jika kita ingin menggunakannya, kita harus membelinya. Propietary software sangat dibatasi oleh hak cipta. Kita tidak diperkenankan mendistribusikan kembali, mengotak-atik program, dan software ini tidak disertai dengan kode sumber.
Open source software. Berbeda dengan jenis software sebelumnya, open source software memberikan kebebasan kepada kita untuk menggunakan, mengubah sesuai dengan kebutuhan, dan medistribusikan kembali, baik software aslinya maupun yang telah kita ubah. Biasanya software yang bersifat open source menyertakan kode sumber dalam pendistribusiannya. Tujuan pembuatan open source software biasanya bukan untuk tujuan komersil, namun lebih ke tujuan sosial bagaimana sebuah software bisa bermanfaat bagi para pengguna. Beberapa contoh open source software misalnya Pidgin, qGo, Inkscape, gimp, dan masih banyak lagi.
B. Sistem Pengoperasian dan Program Kontrol
System pengoperasian adalah satu set program untuk komputer mengendalikan sumbernya (resources) sendiri seperti unit pemproses an pusat (central processing unit), ingatan utama (main memory), ingatan sekunder (secondary memory), peranti Input dan Output (Input/Output devices). Oleh yang demikian perisian aplikasi pengguna (users application software) tidak perlu menyediakan semua arahan yang diperlukan oleh komputer.
Ini membolehkan pengaturcara memfokuskan usahanya kepada penyelesaian masalah kepada pelanggan.
Program control adalah rangkaian perintah untuk mengontrol suatu proses.
C. Utility dan Program Layanan
Program Utility atau Program Layanan adalah perangkat lunak komputer yang dirancang khusus untuk membantu mengelola dan menyesuaikan perangkat keras komputer, sistem operasi, atau perangkat lunak aplikasi dengan melakukan satu tugas atau serangkaian tugas kecil.
Utility software adalah jenis perangkat lunak sistem yang dirancang untuk membantu menganalisa, mengkonfigurasi, mengoptimalkan dan memelihara komputer.Sepotong tunggal dari perangkat lunak utilitas biasanya disebut utilitas (abbr. util) atau alat.
Utilitas perangkat lunak harus kontras dengan perangkat lunak aplikasi, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan hal-hal seperti membuat dokumen teks, bermain game, mendengarkan musik atau surfing web. Alih-alih menyediakan jenis-jenis fungsionalitas berorientasi pengguna atau output-oriented,
Contoh Program Utility
• Disk Defragmenter, adalah salah satu tool yang disediakan oleh Windows yang digunakan untuk menganalisa volume drive, dan untuk meng-alokasikan dan meng-konsolidasikan ulang file – file ataupun folder – folder yang terpisah – pisah.
• Driver, merupakan suatu aplikasi untuk menghubungkan beragam perangkat keras, ke komputer dan terhubung melalui perangkat lunak.

Kategori software utility
- Disk penyimpanan utilitas
- defragmenters Disk dapat mendeteksi file-file komputer yang isinya yang rusak di beberapa lokasi di hard disk , dan memindahkan bagian-bagian untuk satu lokasi untuk meningkatkan efisiensi.
- dam Disk dapat memindai isi hard disk untuk menemukan file atau daerah yang rusak dalam beberapa cara, atau tidak disimpan dengan benar, dan menghilangkan mereka untuk operasi hard drive lebih efisien.
- pembersih Disk dapat menemukan file yang tidak perlu untuk operasi komputer, atau mengambil dalam jumlah cukup ruang. Disk cleaner membantu pengguna untuk memutuskan apa yang harus menghapus ketika mereka hard disk penuh.
- Ruang disk analisis untuk visualisasi penggunaan kapasitas disk dengan mendapatkan ukuran untuk setiap folder (termasuk sub folder) dan file dalam folder atau drive.menunjukkan distribusi ruang yang digunakan.
- partisi Disk bisa membagi drive individu menjadi beberapa logical drive, masing-masing dengan sistem file sendiri yang dapat dipasang oleh sistem operasi dan diperlakukan sebagai individu drive.
- Backup utilitas dapat membuat salinan semua informasi yang disimpan pada disk, dan mengembalikan baik seluruh disk (misalnya dalam hal kegagalan disk ) atau file yang dipilih (misalnya dalam hal kecelakaan penghapusan).
- Disk kompresi utilitas transparan dapat kompres / uncompress isi dari sebuah disk, meningkatkan kapasitas disk.
- File manajer memberikan metode untuk melakukan tugas pengelolaan data rutin, seperti menghapus, mengubah nama, katalog, uncataloging, memindahkan, menyalin, menggabungkan, menghasilkan dan memodifikasi data set.
- Arsip utilitas output aliran atau file tunggal ketika diberikan dengan direktori atau set file. Arsip utilitas, seperti suite arsip, biasanya tidak termasuk kemampuan kompresi atau enkripsi. Beberapa utilitas arsip bahkan mungkin memiliki utilitas un-arsip terpisah untuk operasi sebaliknya.
- Sistem profiler memberikan informasi rinci tentang perangkat lunak yang diinstal dan hardware terpasang ke komputer.
- Anti-virus scan utilitas untuk virus komputer.
- Hex editor langsung mengubah teks atau data file. File-file ini bisa berupa data atau program yang sebenarnya.
- Kompresi data utilitas output stream lebih pendek atau file yang lebih kecil ketika dilengkapi dengan aliran atau file.
- Kriptografi utilitas mengenkripsi dan mendekripsi stream dan file.
- aplikasi Launcher menyediakan jalur akses yang mudah untuk aplikasi perangkat lunak.
- Registry cleaners bersih dan mengoptimalkan registry Windows dengan menghapus kunci registri lama yang tidak lagi digunakan.
- Jaringan utilitas menganalisis's konektivitas jaringan komputer, mengkonfigurasi pengaturan jaringan, data cek transfer atau log kejadian.
- Antarmuka baris perintah (CLI) dan antarmuka pengguna grafis (GUI) Memungkinkan pengguna untuk menghubungi dan melakukan perubahan ke sistem operasi.

D. Program Aplikasi Pemakai
Program aplikasi pemakai adalah program yang dikembangkan (sendiri, atau dibeli dari pemasok luar) untuk memenuhi kebutuhan tertentu pemakai.Yang termasuk dalam program aplikasi:
1. Pemrosesan kata
2. Spreadsheets
3. Aplikasi database
4. Aplikasi Numerik
5. Aplikasi pendukung keputusan
6. Aplikasi perancangan
7. Aplikasi akuntansi
8. Aplikasi audit
 
 
BAB 2
Setting Peripheral
Pengertian : Peripheral adalah perangkat kerastambahan yang mendukung kerja komputer danberada diluar CPU (perangkat eksternal) yangdihubungkan dengan komputer.

Macam-Macam Penyettingan Peripheral :
Peripheral komputer dibagi menjadi dua berdasarkan fungsi :
1. peralatan yangmelaksanakan operasi input danoutput, kategori ini meliputi keyboard,mouse, dll  
2. peralatan yangdiutamakan pada penyimpan data sekunder, seperti disk magnetic, opticaldisk, yang mampu untuk menyimpandata yang besar
Berbagai Jenis Peripheral Ditinjau Dari Tugasnya :
1. KEYBOARD
Berbentuk mirip mesin ketik yang berisi huruf, angka, simbol-simbol khusus serta tombol-tombol fungsi. Gunanya untuk memberi perintah kepada komputer dengan cara menuliskannya atau menekan kombinasi beberapa tombol. Saat ini sejumlah perusahaan seperti Microsoft dan Logitech sudah membuat keyboard tanpa kabel (wireless) yang menggunakan pancaran infrared.

2. MOUSE
Alat yang mirip tikus dan terdiri dari dua atau tiga tombol, berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer dilayar monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau kesamping. Didalamnya terdapat bola karet yang akan menggerakkan roda-roda kecil, yang akan mengatur gerakan kursor/pointer. Mouse generasi terbaru biasanya dilengkapi scrolling button untuk memudahkan bergerak turun/naik dilayar monitor. Mouse juga bisa digunakan untuk memainkan game. Kini mouse wireless juga telah diproduksi.

3. LIGHTPEN
Mirip bolpoin biasa, hanya ujungnya memiliki sensor elektromagnetik. Bisa digunakan untuk menulis, tetapi juga mampu membaca kode-kode khusus yang kemudian diterjemahkan oleh komputer.

4. TRACKBALL
Fungsinya sama persis dengan mouse, hanya tampilannya berbeda. Pada trackball, bola yang menggerakkan kursor/pointer berada diluar dan harus digerakkan oleh jari kita kearah yang kita inginkan. Jika badan mouse harus kita gerakkan seluruhnya diatas meja, badan trackball tetap diam ditempat. Seperti halnya keyboard dan mouse, trackball wireless juga telah ada di pasaran. Bermain game dengan trackball agak lebih sulit dibandingkan mouse.

5. MONITOR
Bentuknya mirip televisi dan berfungsi menampilkan proses dan hasil pekerjaan komputer. Monitor komputer jaman dulu hanya hitam putih atau monochrome (terkadang dengan tulisan hijau atau orange dan latar belakang hitam). Sekarang monitor hampir semuanya berwarna dan beresolusi tinggi, sehingga kualitas gambar yang dihasilkannya juga jauh lebih bagus.

6. PRINTER
Digunakan untuk mencetak hasil proses komputer keatas kertas sehingga bisa dibaca. Ada tiga jenis printer yang dikenal luas yaitu dot-matrix printer, inkjet printer, dan laser printer.

7. PLOTTER
Sama fungsinya dengan printer tetapi khusus untuk mencetak gambar. Kertas yang dipergunakan juga lebih besar dari kertas biasa. Plotter generasi pertama harus dipasangi rapido (pena khusus untuk menggambar), namun sekarang plotter juga terdiri dari inkjet dan laser.

8. SCANNER
Digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer. Ada dua jenis scanner, handy scanner (dipegang dan digerakkan dengan tangan), dan flatbed scanner (serupa mesin fotokopi).

9. EXTERNAL ZIP DRIVE
Fungsinya sama dengan disket, ukurannya juga sama 3,5 inci – hanya agak lebih tebal – namun kapasitasnya jauh lebih besar – 100MB yang kira-kira sama dengan 70 disket berkapasitas 1,44MB. Zip drive ini dibuat oleh perusahaan Iomega.

10. EXTERNAL FLOPPY DISK DRIVE
Sama fungsinya dengan disk drive yang terpasang di casing, tetapi yang ini berada diluar dan dihubungkan dengan kabel. Umumnya digunakan untuk komputer laptop/notebook.

11. TAPE DRIVE
Berfungsi untuk menjalankan tape dalam penyimpanan/pengambilan data.

12. MICROPHONE DAN SPEAKER
Untuk memasukkan dan merekam suara serta mendengarkan hasil rekaman yang sudah disimpan didalam komputer, atau mendengarkan musik dan suara dari CD, MP3 atau game.

13. JOYSTICK
Alat berbentuk tongkat kecil (biasanya dilengkapi beberapa tombol dengan fungsi yang bisa diatur) untuk memudahkan bermain game, misalnya mengendalikan pesawat atau mobil. Dapat juga berfungsi sebagai mouse.

14. JOYPAD/GAMEPAD
Fungsinya sama dengan joystick hanya bentuknya berbeda, mirip papan kecil yang memiliki pegangan dan diatasnya banyak terdapat tombol-tombol. Juga bisa berfungsi sebagai mouse.

15. KAMERA DIGITAL
Kerjanya mirip kamera foto biasa, hanya saja hasilnya langsung disimpan dalam format data komputer. Hasil yang diperoleh jauh lebih bagus dibandingkan hasil cetakan film negatif.

16. EXTERNAL MODEM
Modem external dipasang diluar casing dan dihubungkan melalui kabel, sedangkan modem internal berbentuk card yang ditancapkan pada mainboard. Modem berfungsi mengubah sinyal digital ke analog dan sebaliknya, guna mengirim data komputer melalui saluran telepon. Jika ingin menggunakan internet, modem harus tersedia.  
 Karena Peralatan Peripheral itumerupakan perangkat eksternal, agar peralatantersebut dapat berjalan dengan baik dan systemWindows dapat mengenal perangkat tersebutsehingga dapat diatur dan dikendalikan, makadiperlukan penambahan Sofware Driver
Biasanya Sofware Driver disertakan dalam Disket maupun CD pada saat kita membeli perangkat tersebut.
 
 
BAB 3
Manajemen File
 
Pengertian manajemen file
File system atau manajemen file adalah metode dan struktur data yang digunakan sistem operasi untuk mengatur dan mengorganisir file pada disk atau partisi. File system juga dapat diartikan sebagai partisi atau disk yang digunakan untuk menyimpan file-file dalam cara tertentu. Cara memberi suatu file system ke dalam disk atau partisi dengan cara melakukan Format
A. Melakukan Manajemen File
1. Menggunakan Menu Pull - down
Untuk memilih perintah pada menu pull-down. Arahkan penunjunk mouse ke menu yang akan dipilih > klik kiri tombol mouse dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard (Alt + karakter).
2. Membuat Folder
Berikut adalah cara membuat folder:
Pilih tempat yang Anda ingin untuk menempatkan folder baru Anda. Dalam contoh ini saya akan membuat folder baru di drive H: drive yang merupakan drive jaringan yang memiliki akses ke aku di tempat kerja. Anda juga dapat membuat folder pada C: drive atau di "Anda" My Pictures atau "My Documents" folder.
Langkah pertama adalah pergi ke tempat di mana Anda ingin membuat folder baru. Kemudian pilih "New" di jendela Kemudian pilih "File" dan kemudian "Folder"
3. Menggunakan Drag and Drop
1. Tekan dan tahan mouse ke folder yang akan dituju > lepaskan mouse. Secara otomatiss komputer akan menyalin file ke dalam folder tujuan.
2. Buka kembali, jika inginmemastikan file benar -benar tersalin.
Beberapa istilah yang sering digunakan dalam penggunaan mouse :
- Tunjuk (point), memindahkan atau mengarahkan penunjuk mouse (mouse pointer) pada bagian tertentu yang diinginkan.
- Click, menekan tombol satu kali dengan cepat.
- Klik dua kali (double click), menekan tombol mouse dua kali berturut - turut.
- Drag and drop, tekan tombol mouse (jangan lepas) dan gerakkan mouse ke posisi baru yang diinginkan.
4. Mengenal Tipe file
Untuk mengetahui ekstensi file lainnya Anda bisa membuka Windows Explorer, lalu pilih menu View – Folder Options. Pindah ke tab Files Types. Di sana terdapat puluhan dan mungkin ratusan ekstensi file. Semakin banyak Anda menginstall aplikasi maka daftar ekstensi file yang ada akan semakin panjang.
5. Mengelola File
File adalah sebuah naskah yang telah tersimpan dalam disk. Naskah tersebut dapat berupa dokumen ketikan, gambar, kumpulan program dan lain-lain.
Di dalam mengelola file kita dapat melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini :
* Mengganti nama file
* Memanggil File
* Mengedit File
* Menyimpan File
6. MENGGANTI NAMA FILE
Untuk mengganti nama file ikuti langkah-langkah berikut :
Aktifkan program My Computer
Pada kolom Address, misalkan drive D:\NASKAH TIK 2006\Kelas VII Semester I
Tentukan file yang akan diganti namanya
Klik menu File, kemudian klik Rename
Gantilah nama file yang lama dengan nama baru yang diinginkan, terakhir tekan enter.
Atau dengan cara lain dengan langkah sebagai berikut :
Tentukan file yang akan diganti namanya
Klik kanan pada file yang akan diganti namanya, kemudian klik Rename
Gantilah nama file yang lama dengan nama baru yang diinginkan, terakhir tekan enter
Atau tentukan file yang akan diubah nama filenya tekan tombol F2
7.MEMANGGIL FILE
Dengan alat pencarian Windows XP, pengguna dapat mencari semua jenis file, dengan sebanyak atau sedikit informasi yang Anda ingat tentang file.
1. Pilih "Start" dari taskbar Windows XP. Ini akan memunculkan jendela pilihan; klik "Cari", yang terletak di sisi kanan jendela pop-up. Jendela Windows XP pencarian akan muncul.
2. Klik panah hijau di sisi kiri panel untuk menentukan jenis file yang ingin Anda cari. Jika Anda tidak yakin apa jenis file itu, pilih opsi "All Files dan Folder."
3. Masukkan semua informasi yang Anda tertentu di kotak yang tersedia pada panel berikut. Mengisi nama, frase atau kata yang jarang mungkin di file tersebut dan dimana Anda mungkin telah disimpan itu akan membantu menentukan pencarian.
4. Pilih panah menunjuk ke bawah di samping "Ketika Apakah Ini Disempurnakan," "Apa Ukuran Is It" dan "More Advanced Options" untuk lebih mendefinisikan pencarian.
5. Centang kotak di samping pilihan "Cari Subfolder," "Search Hidden File dan Folder" dan "Search System Folder" Pilihan ini ditempatkan di bawah "Advanced More Options.." Mereka memastikan bahwa semua folder dan direktori yang dicari, tidak hanya yang utama atau folder tingkat atas.
6. Waktu-klik "Cari" ketika semua informasi yang tepat dipilih. Jumlah waktu pencarian mengambil bergantung pada ukuran hard drive komputer dan informasi spesifik yang Anda mampu masuk.
7. Klik dua kali file yang ditemukan di sisi kanan panel ketika pencarian selesai. Setelah Anda menemukannya, klik kanan dan pilih "Properties" untuk menemukan lokasi pada hard drive. Jika file yang Anda butuhkan tidak terdaftar, coba lagi pencarian dengan informasi yang kurang dari sebelumnya. Ini mungkin memakan waktu lebih lama, karena pencarian akan mencakup lebih dari hard drive.
8. mengedit file
Untuk membuka kotak dialog Properties, melalui cara.
1. Pilih file yang akan diubah settingnya > klik tombol kanan mouse > Properties
2. Pada kotak dialog Properties pilih tab General.
3. Pada pilihan Attributes, tandai pilihan Read-only agar file hanya dapat dibaca tanpa diubah. Tandai Hidden apabila ingin file tidak dapat terlihat.
9.Menyimpan File
Setelah melakukan perubahan pada sebuah file, simpan dengan menggunakan perintah Save atau Save As. Save, perubahan kana langsung disimpan menggunakan nama file yang sama. Save As, selain menyimpan perubahan yang terjadi menggunakan nama file yang sama, juga dapat menyimpan perubahan menggunakan nama file yang berbeda.
10.  Memformat Disket
Untuk memformatnya kita perlu menggunakan layanan Windows Explorer. Adapun cara untuk memformatnya yaitu dengan langkah-langkah berikut ini :
1.Buka program pada My Computer.
2.Kemudian masukkan disket yang akan diformat pada floopy drive.
3.Klik ikon Floopy drive kemudian klik file-format.
4.Pilih kapasitas disket lalu pilih tipe format.
5.Klik start untuk memulainya.
Adapun cara yang lainnya yaitu :
1.Buka program pada Windows Explorer.
2.Pilih 3,5 floopy untuk disket berukuran 3,5 inci.
3.Klik kanan pada mouse tepat pada 3,5 floopy lalu pilih format.
4.Pilih start untuk memulainya.
Lalu muncul menu untuk memformat disket.Ada 3 pilihan untuk memformat yaitu:
- Quick : Menghapus semua file tanpa diperiksa.
- Full : menghapus semua file kemudian memeriksa isinya.
- Copy System File Only : semua file tidak akan dihapus hanya diperiksa saja.
11. Menyalin File ke Media Penyimpanan
1. Harddisk dan Disket
1. Masukkan disket ke floppy disk drive > Buka Windows Explorer > My Computer > Buka direktori dimana file tersimpan
2. Pilih file yang akan dipindahkan > tekan dan tahan tombol kiri mopuse > geser penunjuk mouse ke direktori floppy disk drive
3. Sekarang file telah tersalin pada disket.
Cara lain : klik kanan pada tombol mouse. Pilih Send to > pilih direktori dimana floppy disk drive
2. Harddisk and Compact Disk (CD)
CD-ROM tidak sama CD-RW drive. CD-ROM hanya dapat membaca file dari CD saja dan tidak dapat menulis file di CD, sedangkan CD-RW drive dapat membaca dan menulis data pada CD.
Langkah - langkahnya sebagai berikut.
1. Masukkan CD kosong ke dalam CD-RW drive
2. Buka Windows Explorer > My Computer > buka direktori, dimana file tersimpan > pilih file atau folder yang akan dipindahkan.
3. Klik kanan folder atau file yang akan disalin, selanjutnya akan tampil beberapa pilihan. Pilih Send To dan pilih lokasi CD-RW.
4. Akan tampil pesan yang muncul di posisi kanan bawah layar monitor.
5. Klik ballon pesan tersebut > Windows akan menampilkan jendela baru yang membuka direktori CD
6. Pilih perintah Write these files to CD untuk menyalin file ke CD
7. Windows akan menampilkan kotak dialog CD Writing Wizard
8. Beri label pada kotak CD Name > Next > proses penyalinana file atau folder dari harddisk ke CD akan berjalan > Setelah proses selesai secara otomatis CD keluar dari CD drive.
9. Windows akan menampilkan pesan bahwa proses selesai dan akan menayakan apakah akanmelakukan penyalinana lagi.
10. Apabila sudah selesai tekan tombol Finish.
3. Compact Disk dan (CD) dan Disket
Cara yang dapat dilakukan untuk menyalin dari Cd ke disket sebagai berikut.
1. Buka Windows Explorer > My Computer > CD Drive dimana file disimpan > pilih file yang akan dipindahkan.
2. Blok file dan folder tersebut kemudian klik tombol kanan mouse yang akan menampilkan pilihan menu > pilih Send To > floppy disk drive
3. Komputer akan melakukan proses penyalinan file dan folder dari Cd ke disket
4. Setelah melakukan proses penyalinan, hasil dapat diperiksa di floppy disk.
 
 
BAB 4
Perangkat Lunak Pengolah Kata 
 
Lotus Word Pro Yaitu aplikasi pengolah kata yg dikeluarkan oleh IBM. Kelebihan dari Lotus Word Pro adalah kemampuan untuk mempertukarkan file dokumen dengan Microsoft Word. Lotus Word Pro juga dapat membuka file-file word dan beberapa aplikasi pengolah kata yg lain
Gambar Lotus Word Pro
Lotus Word Pro

Corel Word Perfect Merupakan program aplikasi pengolah kata yg dapat dijalankan dikomputer dengan sistem operasi Windows. Kelemahan dari WordPerfect adalah dari segi kebutuhan Hard Ware
Gambar Corel Word Perfect
Corel Word Perfect

Star Office Writer
Adalah aplikasi pengolah kata yg bersifat multiplatform, artinya dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Linux, Solaris, Unix, dan Windows.
Kelebihan dari Star Office Writer adalah mempunyai banyak contoh memo, faks, surat, resume, dan dokumen untuk mempermudah pekerjaan dengan cara memanfaatkan contoh-contoh tersebut. Selain itu harganya murah
Gambar Star Office Writer
Star Office Writer

Open Office Writer
Adalah aplikasi pengolah kata yg bersifat open source, artinya kita dapat mendownloadnya dari Internet (www.openoffice.org) dan menggunakannya secara gratis.
Kelebihan dari yg lainnya adalah dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi, seperti Windows, Linux, Solaris, dan Mac Os
Writer merupakan aplikasi yg dilengkapi semua fitur yg kita harapkan dari sebuah aplikasi pengilah kata
Gambar Open Office Writer
Open Office Writer

Microsoft Word,
Microsoft word atau sering disebut Ms. Word. Dikeluarkan oleh perusahaan perangkat lunak terbesar didunia Microsoft Corp. Microsoft Word dikeluarkan dalam satu paket dengan aplikasi perkantoran yg lain, yakni Microsoft Excel, Microsoft Access, dan Microsoft PowerPoint.
Word merupakan program pengolah kata yg paling sering digunakan karena Word memupunyai kemampuan yg sangat andal untuk membuat berbagai jenis dokumen.
Kelebihan-kelebihan dari Word adalah kemampuannya untuk menyisipkan objek-objek dari aplikasi lain
Kelemahan pengolah kata Wordadalah harganya mahal.
Gambar Microsoft word 2003
Microsoft word 2003

Gambar Microsoft word 2007
Microsoft word 2007
 
 
 
BAB 5
MEMBUAT DOKUMEN DENGAN PENGELOLAH KATA 
 
Mengenal Pengolah Kata
Pengolah kata adalah suatu program aplikasi yang dirancang khusus dan mempunyai fungsi sebagai alat bantu untuk pembuatan sebuah tulisan atau dokumen pada komputer. Kata-kata dan kalimat tersebut dapat dibuat sesuai dengan keinginan kita, baik dari jenis huruf, tata letak dan lainnya. Dahulu pengolah kata yang dikenal dan banyak digunakan adalah “Wordstar” dan “WordPerfect”.
Saat ini, pengolah kata yang banyak digunakan adalah “Microsoft Word” for windows mulai dari versi word 3.X, word 6.0, word97, word2000 dan saat ini word XP. Microsoft word for windows banyak digunakan karena sudah cukup lengkap sebagai aplikasi pengolah kata dari pengetikan yang sederhana sampai yang rumit. Selain itu juga versi dari Microsoft word yang ada selalu kompatibel (dapat digunakan) dengan versi sebelumnya.
Cara mengaktifkan Microsoft word for windows : 
  1. Klik tombol Start
  2. Pilih menu Program
  3. Pilih Microsoft Office
  4. Klik Microsoft Word
Tampilan jendela MS-Word : 
  1. Baris Judul (Title bar)
    Berguna memberi informasi aplikasi dan nama file (judul dokumen) yang sedang aktif.
  2. Toolbar
    Merupakan alat bantu mempersingkat berbagai perintah MS-Word for windows. Cukup dengan mengklik tombol yang diperlukan.
  3. Menu bar (Baris Menu)
    Berisi menu-menu utama dalam Microsoft Word yang terdiri dari 9 menu. Untuk mengaktifkannya dapat digunakan mouse atau dengan menekan ALT dan huruf yang diberi garis bawah.
    Contoh untuk mengaktifkan menu file : tekan ALT dan F pada keyboard.
  4. Status bar (Baris status)
    Memberikan informasi letak kursor dan lainnya.
Cara membuat dokumen baru :
  1. Pilih menu File
  2. Pilih New atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + N
  3. Pilih tabulasi General, kemudian klik Blank Document
  4. Klik OK
Cara menyimpan dokumen yang baru dibuat :
·  Pilih menu File
·  Pilih Save As
·  Tentukan Direktori tempat menyimpan dokumen (lihat gambar dibawah)
·  Ketikkan nama dokumen yang akan disimpan
·  Klik tombol Save
·   
·   
 
 
 
BAB 6
Variasi Dokumen Pengolah Kata
 
Tabel,grafik,gambar dan diagram adalah komponen pelengkap yang terkadang dibutuhkan pada saat pembuatan dokumen untuk memperjelas atau memberikan keterangan pada pembahasan yang kita buat.
A.Menyisipkan Tabel
1.Membuat Tabel Baru
Untuk menambah tabel ke dalam dokumen word langkah-langkahnya :
a.   Klik tab Insert lalu klik ikon Table pada grup Tables,
b.   Lalu sorot banyaknya kolom dan baris yang akan disisipkan,
c.    Apabila kolom dan baris pada tabel yang disisipkan dalam jumlah banyak,maka setelah menekan ikon Table dilanjutkan dengan menekan Insert Table yang akan menampilkan kotak dialog Insert Table,
1)   Pada number of columns,tentukan banyak kolom yang akan disisipkan,
2)  Pada number of rows,tentukan banyak baris yang akan disisipkan.
d.   Tabel baru akan ditambahkan pada dokumen.Untuk menambahkan style pada table klik tab menu Design,kemudian klik style pada ribbon Table Style.
2.Menyisipkan Baris atau Kolom Baru
Apabila dalam tabel yang telah dibuat terdapat kekuranagn baris atau kolom, maka kita dapat menyisipkan kolom atau baris baru.
a.   Sorot kolom/baris pada tabel  yang akan disisipkan dengan kolom atau baris baru,
b.   Pada Table Tools,klik tab Layout.Pada grup Rows & Columns kita dapat memilih pilihan berikut :
1)   Insert Above : untuk menyisipkan baris baru di atas baris yang disorot,
2)  Insert Below : untuk menyisipkan baris baru di bawah baris yang disorot,
3)  Insert Left : untuk Mmnyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom kiri,
4)  Insert Right : untukmenyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom kanan.
3.Menghapus Sel,Baris,Kolom atau Table
Apabila dalam tabel yang akan kita buat ada kelebihan sel,baris atau kolom,maka kita bisa menghapus sel,kolom,atau baris itu,juag bisa langsung menghapus seluruh tabel yang ada dengan cara :
a.   Sorot kolom atau baris yang akan dibuang,
b.   Pada Table Tools,klik tab Layout.Pada gtup Rows & Columns,klik perintah Delete dapat memilih pilihan berikut :
1)   Delete Cells untuk menghapus sel yang ditempati insertion point.
2)  Delete Columns untuk menghapus kolom yang tersorot.
3)  Delete Rows untuk menghapus baris yang tersorot.
4)  Delete Table untuk menghapus tabel yang tersorot.
3.Merubah Perataan Teks pada Setiap Sel
Teks yang kita masukkan ke dalam tabel dapat dirubah perataannya dengan menggunakan aligment pada tab Home,di grup paragraph namaun itu hanya untuk perataan horizontal saja.Kita juga dapat menggunakan perataan tersebut sekaligusmemposisikan teks berada di bagian atas sel,bagian tengah sel ataupun bagian bawah sel.Langkah-langkahnya :
a.   Sorot beberapa sel yang akan dirubah perataan/posisinya,
b.   Pada Table Tools di tab Layout dan grup Alligment,kita dapat memilih dengan menekan salah satu bentuk perataan atau posisi dengan keinginan kita.
Untuk mengatur orientasi/arah teks pada tabel langkah-langkahnya :
a.   Sorot teks pada tabel yang akan dirubah orientasinya,
b.   Pada Table Tools di tab Layout dan grup Alligment,kita dapat menekan perintah Text Direction dan lakukan beberapa kali sehingga arah teks sesuai dengan keinginan kita.
4.Menggabungkan Sel
Untuk menggabungkan beberapa sel menjadi satu,langkah-langkahnya :
a.   Sorot beberapa sel yang akan digabung,
b.   Klik perintah Merge Cells pada Table Tools,di tab Layout dan grup Merge.
5.Mengatur Lebar Baris atau Kolom
Untuk mengatur ukuran baris atau kolom,langkah-langkahnya :
a.   Sorot baris atau kolom yang akan diubah ukurannya,
b.   Klik tab Layout,pengaturan lebar baris dan kolom terdapat pada ribbon Cell Size.
B.Menyisipkan Grafik
Dalam membuat naskah kadang-kadang diperlukan grafik untuk menggambarkan kondisi tertentu,misalnya grafik hasil penjualan.Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah dalam menyisipkan grafik.
a.   Klik Tab Insert,sehingga muncul ikon-ikon untuk pembuatan grafik,lali klik Chart,
b.   Akan muncul Chart Type yang berisi tipe-tipe grafik.Pilih salah satu dengan klik.
c.    Akan muncul tampilan grafik dan jendela Excel.Pada jendela Excel terdapat tabel yang berhubungan dengan table.Ubah komponen pada tabel tersebut,
d.   Setelah selesai klik ikon pada Excel.Grafik pada dokumen Word telah berganti.
C.Menyisipkan Gambar
1.Menyisipkan ClipArt
ClipArt adalah gambar atau ilustrasi yang disediakan Microsoft Word.Gambar-gambar ini dapat ditambahkan dalam teks sehingga memperindah tampilan teks.Untuk menambahkan ClipArt,dapat melakukan langkah-langkah berikut :
a.   Klik menu Insert kemudian klik ikon ClipArt.Sehingga muncul kotak dialog seperti gambar ClipArt,
b.   Lakukan klik pada kotak Organize clips.Sesaat kemudian,akan muncul kotak dialog “Collection List”
c.    Pada kolom Collection List,kita dapat memilih sumber ClipArt yang dapat diambil.Khusus untuk mengambil ClipArt dalam Microsoft Office,lakukan klik ganda pada folder Office Collection.Sesaat kemudian akan muncul folder-folder pilihan yang memuat ClipArt.Lakukan klik pada salah satu folder,misalnya folder Buildings.Selanjutnya akan muncul pilihan gambar-gambar yang dapat diambil. 
2.Menyisipkan Gambar
Ilustrasi yang dapat ditambahkan ke dalam tidak terbatas hanya ClipArt,gambar referensi lain dapat pula ditambahkan.Untuk menambahkan gambar dalam teks,dapat melakukan langka-langkah berikut :
a.   Letakkan kursor di bagian dokumen yang diinginkan.Klik menu Insert,kemudian pilih Picture.Lanjutkan dengan memilih From File.Selanjutnya akan muncul kotak dialog Insert Picture,
b.   Caliah letak gambar yang diinginkan pada kotak Look in,
c.    Klik nama file gambar tersebut,
d.   Klik Insert sehingga gambar menyisip dalam dokumen.
D.Membuat Mail Merge
Fasilitas Mail Merge tentu sudah dikenal.Namun dengan berkembangnya Microsoft Word 2003 ke Microsoft Word 2007,pengguna akan sedikit mengalami kesulitan.Pada Tutorial kali ini,kita akan membahas langkah-langkah sederhana menggunakan Mail Merge pada Microsoft Word 2007 :
1.    Tuliskan kata ‘kepada’ dan ‘di’ pada lembar kerja MS Word 2007,
2.   Pilih menu Mailing,
3.   Pilih menu Start Mail Merge,
4.   Pilih menu Step by Step Mail Merge Wizard,
5.   Di sebelah kanan akan muncul sub menu mail merge.Pilih letters untuk membuat tipe dokumen dalam surat.Setelah itu lanjutkan dengan menekan tombol next yang ada di bawah,
6.   Pada step ke-2,pilihlah Use The Current Document untuk menggunakan dokumen yang sedang digunakan atau pada saat awal telah dibuat.Setelah itu dilanjutkan dengan menekan tombol next yang ada di bawah,
7.   Pilih Type a new list membuat daftar atau data baru yang akan digunakan atau dimasukkan ke dalam surat.Lanjutkan dengan menekan menu Create,
8.   Setelah muncul menu New Addres List,pilih sub menu Customize Addres List.Sub menu ini digunakan jika hendak mengganti judul data yang akan dimasukkan,
9.   Pada sub menu tersebut telah terdapat daftar judul data.Untuk menghapusnya tekan menu Delete,
10. Untuk memasukkan judul data yang baru sesuai kainginan,pilihlah menu Add.Isi kolom kosong yang tersedia dengan judul data yang dibutuhkan dengan menekan menu Insert.Tekan OK untuk mengakhiri,
11.  Setelah proses itu selesai,isilah judul data dengan data-data yang dibutuhkan dengan menekan menu new entry.Untuk mengakhiri tekan OK,
12. Secara otomatis akan muncul menu Save.Simpanlah data yang tadi telah dibuat,misalnya di “My Document”.Beri nama file data tersebut,misalnya “latihan Mail Merge”.Setelah itu akan muncul menu data yang dimasukkan pilihlah OK,
13. Namun jika menemukan ada data yang salah saat anda masukkan,maka klik nama file yang ada di kolom data source.Lalu pilih menu Edit,
14. Jika sudah kembali ke lembar kerja MS Word,pilihlah menu Insert Merge Field,
15. Masukkan judul data pada tempat yang sesuai.Misalnya nama dimasukkan setelah kata “kepada”.
16. Untuk menampilkan hasilnya pilih toolbar Preview Result hasilnya,
17. Untuk mencetak dokumen yang dibuat klik “Office button”.Kemudian pilih Print,
18. Muncul kotak dialog Print.Pilih jenis printer pada kotak Name.Pada Page range pilih “All” untuk mencetak semua halaman,pilih Current page  untuk mencetak halaman yang ditampilkan,dan kotak Copies untuk jumlah salinan dokumen yang akan dicetak.
19. Klik OK untuk mencetak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL PALANG MERAH REMAJA (PMR)

“ SATYAKU KUDARMAKAN DARMAKU KUBAKTIKAN “

SOAL TIK 12 IPA