Materi Mulok Kelas XII IPA/IPS

Materi Mulok Kelas XII IPA/IPS

Jenis-Jenis Masakan Masyarakat Melayu 

1. Makanan Pokok
Makanan pokok adalah makanan yang mengandung gizi dasar . Makanan pokok biasanya tidak menyediakan keseluruhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh . Oleh karna itu biasanya makanan pokok dilengkapi dengan lauk-lauk untuk mencukupkan kebutuhan gizi seseorang dan mencegah kekurangan gizi .

Makanan Pokok bagi suku melayu :

-Beras (dijadikan nasi)

-Sagu (dijadikan kerupun, lemang)

-Ubi (dijadikan tiwol)

2. Makanan Ringan
Makanan ringan adalah makanan cemilan yang biasanya dimakan sebelum atau sesudah mengkonsumsi makanan pokok . pembagiannya : kue , kerupuk , kacang , kolak . 

Makanan ringan bagi suku melayu adalah :

-Kue lepat 

-Kue lapis

-Bolu kumojo 

- Lempuk durian dan kue kering 

- wajik/wajid

3. Makanan adat
Makanan adat adalah makanan yang disajikan pada saat acara-acara adat pada masyarakat Melayu Riau . Misalnya pada acara adat perkawinan , halenggang perut , antara belanja , DLL.

Makanan Adat bagi suku melayu adalah sebagai berikut :

-Nasi Kunyit

- Telur Merah

- Aisidah

-Wajik/Wajid

- Haluo ( Manisan)

Makanan Khas Riau

a. Pekan baru : Nasi lemak, Soto Pekanbaru, Rujak Buah Maharaja, Rujak Buah Maharatu, Sate Senampelan, Bubur ayam, Bolu Kumojo.
b. Siak Sri Indrapura : Bolu Kumojo, Kue Apam, Bubur Asura, Gulai Ayam Nanas, Kembang Loyang .
c. Bengkalis : Lempuk Durian, Kue Bangkit, Sambal Belacan, Sadu Rendang, Buak Malaka, Bolu Kumojo, Bubur Lambuk , Cencaluk, Tempoyak Sampolet, Kue Bangkit .
d. Palalawan : Sambal Nanas, Gulai Patin .
e. Dumai : Sambal Belacan, Kue Apam, Kerupuk Cabe, Dadar Gulung .
f. Indragilir Hilir : Gulai Patin , Lintong Mie .
g. Rohul : Gulai Pucuk Ubi Tumbuk
h. Rohil : Lemang, Dadih, Kacang Pukul
i. Kampar : Kue Mangkok Pelito Daun, Asam Pedas Ikan Baung, Gulai Salai, Udang Galah Teratak buluh , Lepat bugi,Dadih .
j. Bintan : Mie Lendir
k. Batam : Mie Lendir, Otak-Otak
l. Kuantan Singingi : Galaman, Lemang

1.Kue Apam


Kue manis nan legit ini sangat pas anda sajikan sebagai kudapan di acara spesial , Seperti Arisan Atau Kumpul bersama keluarga besar .

2. Bolu Kemojo
Bolu Kumojo adalah panganan khas melayu dari Riau. Keu ini sering disajikan pada hajatan, Buka puasa, atau Perayaan-perayaan hari besar seperti lebaran . Pada umunya kue ini Berwarna hijau kecokuklatan dengan rasa pandan . Namun , Kini juga dikembangkan berbagai macam rasa seperti durian dan kacang.

3. Lempuk Durian 
Lempuk Durian Merupakan salah satu jenis makanan khas Riau yang terbuat dari durian, lempuk ini berbentuk Seperti dodol . Selain di Riau juga dapat dijumpai di daerah lain di sumatera.Siapa sih yang tidak kenal lempuk dirian, "Makanan Khas Riau" ini berasal dari Kab.Bengkalis, Bahkan Lempuk Sudai menjadi ikon Bengkalis, jika kita berkunjung ke Bengkalis kurang lengkapnya ika tidak membeli buah tangan lempuk durian .

4. Bubu Asyura
Bubur Asyura ialah bubur yang dibuat dengan pelbagia campuran ramuan pada 10 Muharram yaitu Hari Asyura. bubur ini disebut juga Sugha . 
Bubur Asyura harus mempunyai 10 jenis ramuan , jika ada lebih atau kurang dalam bubur asyura , makan bubur asyura namanya . setiap negeri , terutama negeri-negeri di semenanjung malaysia , mempunyai Bubur Asyura yang berlainan rasa dan ramuannya . Hal ini , Menyebabkan pelbagia cara untuk membuat bubur asyura .

5. Roti Jala
Roti Jala terbuat dari kombinasi adonan tepung serta berbagai kua yang bisadijadikan pilihan. Kuah yang sering digunakan adalah kuah kari dan kuah manis. Roti Jala sering ditemui pada saat acara resepsi pernikahan , akikah serta pada saat bulan ramadhan dan hari raya idul fitri/adha .

6. Kue Bangkit 
Diberi nama kue bangkit karena ukuran dari kue ini setelah matang dan dikeluarkan dari oven berukuran dua kali lipat dari ukuran adonan semula. warna kue bangkit ini putih kekuningan dan kadang dipercantik dengan diberi noktah berwarna merah di asatnya. Tekstur kua bangkit yang sangat halusa dan gampang remuk . Kue akan lemur didalam mulut dan mempunyai rasa yang renyah ketika dikunyah . Rasanya yang manis ini menjadi daya tarik bagi anak-anak .

7. Asidah

Kue ini namanya Asidah Teksturnya lembut dan rasanya manisperpaduan rempah seperti : Cengkeh , Kayu Mansi , dan Daun Pandan. Yang anehnya kue ini dimakan pake bawang goreng , kue ini bisa dibentuk sesuka hati .

8. Cencalok
Cencalok ialah salah satu sejenis lauk dalam hidangan tradisional melayu. makanan melat=yu ini dibuat dari udang halus, cencalok mengandung protein yang tinggi.

9. Mie Sagu
Mie sagu adalah kuliner selingan makanan khas masyarakat di Riau khususnya masyarakat selat panjang, dipulau tebing tinggi dan sekitarnya, Kab.Kepulauan Meranti (Pecahan Kab.Bengkalisa),Provinsi Riau , Indonesia .

10. Ikan Salai
Ikan Salai adalah ikan basah yang masih segar lalu dikeringkan melalui proses pengasapan. ikan salai merupakan salah satu menu makanan yang cukup terkenal terutama bagi masyarakat Riau yang tinggal disepanjang sungai-sungai besar yang ada di Riau .

11. Nasi Lemak Pekanbaru
Nasi Lemak adalah jenis makanan khas Pekanbaru. Makanan ini biasanya dihidangkan untuk sarapan pagi. Nasi lemak berujuk kepada nasi yang dimasak dengan menggunakan santan kelapa untuk menambah rasa gurih . kadangkala daunpandan dimasukan semasa nasi lemak dimasak bagi menambah aroma.
Nasi lemak biasanya dihindangkan dengan telur,timun,ikan bilis goreng dan sambal. tetapi kini nasi lemak dijual dengan berbagai lauk yang termasuk tetapi tidak terhadap daging, ayam, sotong, udang, limpa, dan hati (lembu) .
Di Jakarta nasi lemak di kenal dengan nama nasi uduk sedangkan di Jawa Tengah Dikenal dengan nama sega liwet atau nasi liwet .

12. Soto Pekanbaru
Berbeda dengan soto lain yang ada di indonesia, soto Pekanbaru menggunakan mie yang berasal dari sagu. bukan seperti soto lainnya yang menggunakan bihun atau so'un. Selain itu, yang membedakan soto pekanbaru dengan soto lain adalah adanya ikan salai dan udang sebagai pengganti ayam dan daging yang ada di soto lain.

13. Rujak Buah Maha Raja dan Rujak Buah Maha Ratu



Ratu dan Raja bisa menjadi gender pada rujak. Sangat Istimewa ketika hal ini benar-benar ada di Riau , Rujak Maharaja dan Maharatu adalah sajian khas salah satu provinsi di Sumatra ini . Yang pastinya , isi ruja menggunakan buah-buahan asli dari Riau .
Nanas Rimbo Panjang , kedondong teluk kuantan, dan timun Bangkinang adalah beberapa buah yang akan di santap dalam rujak ini. Yang membedakan rujak Maharaja dan Maharatu adalah bahanya. Maharaja menggunakan jambu air merah sedangkan Maharatu menggunakan terongbelanda dan bengkoang. Berbeda dangan rujak lainnya yang menggunakan bumbu kacang , Rujak Maharaja dan Maharatu menggunakan air jeruk nipis, cabe merah, cabe rawit merah, garam, terasi dan gula rempah sebagai ramuan sambalnya.

14. Es Laksamana Mengamuk
Es Laksamana Mengamuk merupakan minuman dingin yang mengunakan buah kuini sebagai bahan utana. Konon, keberadaan minuman ini berawal dai mengamuknya seorang laksamana di kebun kuini. Laksamana tersebut mengamuk lantar istrinya dibawa lari oleh pemilik kebun kuini tersebut. Sang laksama menebas-nebaskan pedangnya keseluruh penjuru, hingga puluhan buah kuini hancur karena kemarahannya ini. usai sang laksamana menuntaskan kemarahannya dan pulang, orang-orang disekitar kebun kuini mengambil puluhan buah kuini yang sudah tercincang dan hamparan dirumput. pada awalnya, orang-orang bingung, akan diapakan buah kuini yang telah terpotong-potong tersebut. hingga salah seorang wanita, mencampurkan potongan-potongan buah kuini itu dengan air santan dan gula merah. Jadilah minuman segar. yang pada waktu itu langsung dinikmati oleh orang sekampung .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL PALANG MERAH REMAJA (PMR)

“ SATYAKU KUDARMAKAN DARMAKU KUBAKTIKAN “

SOAL TIK 12 IPA